Kondisi Kewirausahaan (InBis) di STIKI

Sejak dibentuknya Unit Bisnis sebagai unit penunjang di STIKI Malang pada awal tahun 2009, Unit Bisnis telah melakukan beberapa kegiatan yaitu :

  • Penyusunan Organisasi Unit Bisnis. Sebagai salah satu unit penunjang dalam struktur organisasi STIKI Malang, Unit Bisnis memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
    1. Sebagai unit pelaksana teknis yang membantu STIKI Malang dalam mengembangkan potensi kewirausahaan bagi sivitas akademika di bidang Teknologi informasi dan terapannya .
    2. Melakukan perencanaan, monitoring serta evaluasi terhadap seluruh kegiatan unit bisnis sehingga sejalan dengan visi dan misi STIKI Malang.
    3. Melaksanakan sinergi dengan alumni, perguruan tinggi lain serta lembaga bisnis lain dalam mengembangkan unit bisnis.
  • Pembuatan Ijin Usaha Unit Bisnis. Pada awal dibentuknya Unit Bisnis, Ka. Unit Bisnis mengutamakan pengurusan pengajuan bentuk usaha untuk menaungi pelaksanaan kegiatan dibawah Unit Bisnis STIKI Malang. Bentuk usaha yang dimiliki adalah : Perseroan Komanditer, dengan nama C.V ITAKA, No. 227 dengan notaries : Paulus Oliver Yoesoef, S.H. Ruang lingkup C.V ITAKA ini adalah :
    1. Menjalankan usaha dibidang jasa teknologi informasi,
    2. Jasa pemrograman / pengolahan data (Software),
    3. Jasa komputer,
    4. Pengadaan hardware & peripheral,
    5. Jasa komputer grafik & kreatif photo studio,
    6. Jasa penyediaan & pemanfaatan multimedia melalui perangkat telekomunikasi,
    7. Jasa internet content,
    8. Jasa telekomunikasi umum,
    9. Jasa e-commerce,
    10. Konsultasi bidang komputer & rekayasa informatika,
    11. Konsultan bidang telekomunikasi.
  • Menyediakan 6 kavling ruko dimana masing-masing kavling terdiri dari 2 lantai serta memiliki lokasi strategis untuk kegiatan wirausaha dibawah Unit Bisnis STIKI Malang. Dari 6 kavling ruko yang disediakan, unit bisnis STIKI Malang mengalokasikan 4 ruko untuk kegiatan wirausaha mahasiswa atau alumni STIKI Malang, sedangkan 2 kavling ruko disediakan untuk pihak eksternal yang membutuhkan ruang usaha.
  • Pada tahun 2009 Unit Bisnis memberikan modal usaha sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah) untuk masing-masing kelompok mahasiswa yang memenangkan kompetisi business plan pada kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa STIKI Malang. Jumlah kelompok mahasiswa yang diberikan modal usaha sebanyak 3 kelompok.
  • Pemberian modal usaha pada tahun 2009 merupakan kegiatan pertama, yang ternyata cukup di respon positif dan antusias oleh mahasiswa sehingga pada pelaksanaan tahun 2010, jumlah kelompok mahasiswa wirausaha yang berpartisipasi meningkat ± 60%.  Pada tahun 2010, Unit Bisnis mendapatkan dana hibah melalui program P2PKN sebesar 50juta. Dengan dana hibah ini, Unit Bisnis dapat memberikan modal usaha sebesar Rp, 9.500.000,- per kelompok wirausaha. Total kelompok wirausaha yang didanai sebanyak 5 kelompok usaha dimana 3 kelompok usaha dari mahasiswa, 1 kelompok usaha dari alumni dan 1 kelompok usaha dari karyawan.
  • Sepanjang tahun 2010, Unit Bisnis melakukan pendampingan serta pembinaan kewirausahaan bagi kelompok wirausaha mahasiswa ‘Digital Creative’. Pendampingan serta pembinaan kelompok wirausaha mahasiswa ini dilakukan sebagai kelanjutan kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang diterima oleh STIKI Malang tahun 2009.
  • Pada tahun 2010, Unit Bisnis juga membentuk usaha karyawan STIKI Malang, sebagai cikal bakal koperasi karyawan. Dimana didalam pengelolaan, usaha ini melayani penjualan barang-barang kebutuhan pokok serta menjalin kerjasama dengan perusahaan i-clean Indonesia untuk barang-barang kebersihan rumah tangga. Pada tahun 2012, unit bisnis berencana untuk mendaftarkan usaha karyawan ini ke Dinas Kopertasi dan UKM Kota Malang, supaya mendapat pembinaan dan arahan sebagai koperasi karyawan STIKI Malang.
  • Mengirimkan Dosen pada kegiatan Training of Trainer Kewirausahaan. Untuk mendukung kebutuhan membina serta mengembangkan budaya kewirausahaan, STIKI Malang mengirimkan 2 staf Dosen untuk mengikuti kegiatan Training of Trainer yang diselenggarakan oleh DIKTI.
  • Pada tahun 2011, unit bisnis menerima hibah P2KPN dari dikti sebagai sarana pengembangan budaya wirausaha di STIKI Malang.
  • Pada tahun 2011, unit bisnis mengirimkan 2 mahasiswa binaan wirausaha untuk mengikuti konferensi internasional ‘15th UNESCO-APEID International Conference’. Peserta konferensi ini diseleksi dan diselenggarakan oleh DIKTI.
  • Mengirimkan secara rutin setiap bulan, mahasiswa dari kelompok binaan wirausaha untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Management Indonesia (AMA) Cabang Malang.
  • Pada tahun 2013, unit bisnis menerima hibah IbK – tahun ke-1 dari dikti yang ditujukan untuk meningkatkan kegiatan pembinaan, pendampingan untuk menghasilkan wirausaha-wirausaha baru di STIKI Malang.
  • Pada tahun 2015, unit bisnis menerima hibah IbK – tahun ke-2 dari dikti yang ditujukan mengoptimalkan kegiatan pembinaan, pendampingan untuk menghasilkan wirausaha-wirausaha baru di STIKI Malang.

Pelaksanaan Kewirausahaan (InBis) STIKI di Malang

  • Mata kuliah kewirausahaan telah masuk ke dalam kurikulum program studi Teknik Informatika sejak perubahan kurikulum tahun 2004. Sedangkan pada program studi Manajemen Informatika, mata kuliah kewirausahaan baru ada pada perubahan kurikulum tahun 2009. Hasil akhir dari mata kuliah kewirausahaan ini adalah mahasiswa membentuk kelompok wirausaha dengan mengusulkan proposal bisnis pada tengah semester dan menerapkannya sebagai tugas akhir mata kuliah. Dengan prakterk langsung mahasiswa akan belajar tahap awal proses berwiraurasaha.
  • Selain memasukkan matakuliah wirausaha, kelompok-kelompok wirausaha mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti pameran kewirausahaan yang diselenggarakan bersamaan dengan pekan ilmiah mahasiswa STIKI Malang. Kegiatan ini cukup menarik dan menyenangkan bagi mahasiswa, karena mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dari mata kuliah kewirausahaan. Ide dan hasil kegiatan kewirausahaan ini cukup menarik dan berpotensi untuk pendampingan wirausaha lebih lanjut.
  • Menyediakan dana ventura / modal usaha bagi mahasiswa pemenang kompetisi Business Plan. Melalui kegiatan pekan ilmiah mahasiswa, mahasiswa diundang untuk mempresentasikan proposal business plan secara berkelompok. Bagi proposal business plan yang memiliki potensi usaha untuk diimplementasikan, proposal tersebut akan didanai oleh Unit Bisnis dengan diberikan bantuan modal usaha Ada 3 kelompok wirausaha mahasiswa sejak tahun 2009 yang diberikan modal usaha dan didampingi oleh 1 dosen Pembina. Rentang waktu pengembalian modal usaha adalah 2 tahun, dana ini akan terus diputar kepada kelompok wirausaha berikutnya.
  • Kelompok binaan wirausaha yang dikelola Unit Bisnis saat ini sebanyak 22 kelompok hingga semester gasal 2013/2014. Pembinaan yang telah dilakukan antara lain meliputi pelatihan dasar kewirausahaan, knowledge Sharing Kewirausahaan bagi kelompok wirausaha dengan alumni atau praktisi wirausaha, pelatihan pemasaran produk dan pelatihan pengelolaan dan penyusunan keuangan.
  • Kegiatan pembinaan wirausaha yang dikelola Unit Bisnis, setiap tahun sebanyak 20 mahasiswa. Pembinaan yang dilakukan antara lain meliputi pelatihan dasar kewirausahaan, knowledge Sharing Kewirausahaan bagi kelompok wirausaha dengan alumni atau praktisi wirausaha, pelatihan pemasaran produk dan pelatihan pengelolaan dan penyusunan keuangan
  • Kegiatan pembinaan wirausaha yang dikelola Unit Bisnis, setiap tahun sebanyak 20 mahasiswa. Pembinaan yang dilakukan antara lain meliputi pelatihan dasar kewirausahaan, knowledge Sharing Kewirausahaan bagi kelompok wirausaha dengan alumni atau praktisi wirausaha, pelatihan pemasaran produk dan pelatihan pengelolaan dan penyusunan keuangan

Kegiatan kompetensi kewirausahaan meliputi :

  1. Business plan competition
  2. Pameran/Bazar (praktek kewirausahaan)
  3. Kiat sukses bisnis oleh praktisi entrepreneur
  4. Magang

Kegiatan ini bisa dilakukan mahasiswa secara mandiri atau berkelompok menyesuaikan kebutuhan tempat magang. Kegiatan magang ini dimaksudkan agar mahasiswa memperoleh pengalaman bekerja. Setelah selesai magang, mahasiswa wajib menyusun laporan magang untuk selanjutnya memperoleh sertifikat kompetensi.

Dukungan dan kerjasama

  • Rumah Makan AYSHIRAH (2009)
  • Klub Bulutangkis Florima (2009)
  • Digital Creative (2010)
  • CHIPS Computer Malang (2010)
  • Foyu Studio (2010)
  • D’Bamboe (2010)
  • Software House and Training “Yes We Can” (2011)
  • Sekolah Bola Basket “MAHARDIKA” (2012)
  • Elang Logistic (2013)
  • PT SIMETRI (2013)
  • PT Pratama Kinerja Perkasa (2013)
  • PT Gandum (2013)
  • PT Victory (2013)
  • PT Maspion Town Square (2013)
  • CV X4 Print (2013)
  • KLIK Indonesia ( 2014)
  • Kapanlagi Network (KLN) (2015)

Pengalaman Kegiatan Kewirausahaan di STIKI

Tahun Jenis/Nama Kegiatan Tempat
2009 Hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Malang
2009 Pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) STIKI Malang
2010 Pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) STIKI Malang
2010 Hibah Program Pengembangan Kewirausahaan &

Produktivitas Nasional (P2KPN)

Malang
2011 Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Malang
2011 Pelaksanaan Entrepreneurship Day Malang
2011 Seminar “How to Sell Your Ideas to Buyers and Anyone at  Anytime” dengan pembicara James Gwee T.H., MBA tanggal 20 Desember 2011. Malang
2012 Program Kreativitas Mahasiswa Skema Kewirausahaan, Penerapan Teknologi, Pengabdian Kepada Masyarakat, Penelitian dan Karsa Cipta pada tahun 2012 Malang
2012 Sebagai tempat pemetaan pusat kreatif dari Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Dirjen Ekonomi Kreatif berbasis media, desain dan IPTEK pada bulan November 2012. Malang
2013 Program Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) tahun I Malang
2014 Program Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Malang
2014 Menyelenggarakan kegiatan pameran kewirausahaan mahasiswa pada tanggal 20 Desember 2014 bersamaan dengan pelaksanaan wisuda ke-30 STIKI Malang. Malang
2014 Menyelenggarakan Seminar “Sukses Usaha Tour & Travel” yang diadakan pada tanggal 26 September 2014 Malang
2014 Kuliah Tamu Bersama Alumni “Peluang Mendapatkan Penghasilan Melalui Internet Marketing” bersama L. Denny Santoso Malang
2014 Sharing Knowledge Alumni “Softskill & Personal Branding Malang
2015 Menyelenggarakan Seminar “Creativepreneurship “ pada 14 Januari 2015 Malang
2015 Program Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Malang
2015 Program Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) Tahun II Malang
2015 Program Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) Tahun III Malang
2015 Hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Malang
2015 Pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) Malang
2016 Program Ipteks bagi Masyarakat (IbM) Malang

Pembinaan Mahasiswa untuk Menunjang Kegiatan Kewirausahaan di STIKI

Tahun Jenis/Nama Kegiatan Tempat
2010 Mengirimkan Trenda (10.11.10355), Gravitas Woldy (091110193) untuk mengikuti The 15th UNESCO-APEID International Conference dalam bidang kewirausahaan Malang
2011 Mengirimkan Trenda (10.11.10355) dan Adi Chandra (07114081) untuk mengikuti  Seminar “Technopreneur-Ramp Indonesia“ di  UB. Malang
2012 Mengirimkan Trenda (10.11.10355) dan Adi Chandra (07114081) untuk mengikuti  Seminar  AMA “Benefit Beyond Profit “ di  Hotel Tugu Malang Malang
2013 Mengikuti Latihan Penyusunan Proposal Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Royal Tretes View Hotel Pasuruan
2014 Menyelenggarakan kegiatan studi banding dengan Gugus Jaminan Mutu Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (GJM PTIIK UB) yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 11 Juni 2014. Malang
2014 Membina mahasiswa mata kuliah kewirausahaan yang melibatkan mahasiswa Diploma 1 yaitu terkumpul 3 proposal terdiri dari 3 kelompok wirausaha Malang
2011 Mengikuti Seminar yang diselenggarakan oleh AMA Cabang Malang “OUTLOOK EKONOMI JATIM PASCA PEMILU” tanggal 22 Mei 2014 dihadiri oleh Tri Y. Evelina Malang
2014 Mengikuti kegiatan Seminar Entrepreneurship “Pengembangan Kewirausahaan & Sosialisasi Wirausaha Muda Mandiri 2014” tanggal 17 Oktober 2014 PPKK UNAIR Surabaya
2015 Seminar youth enterpreneur menyongsong MEA di Universitas Brawijaya pada 12 mei 2015. Acara tersebut dihadiri oleh 5 orang mahasiswa DKV Malang
2015 Launching openhouse dan Seminar Digicore sharingroom di Universitas Machung 15 Mei 2015. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak  Sugeng Puket 3 dan Bp.Dedy (PMW) serta  mahasiswa  DKV Ery Bagas Asmara Malang